Contoh- Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

No comments

Berikut ini ialah 10 teknologi ramah area yang butuh dikenal:

Lampu Seumur Hidup

Indonesia mempunyai sekelompok mahasiswa brilian yang sukses mengganti kuman jadi lampu hemat tenaga. Mereka merupakan mahasiswa dari Fakultas Perikanan serta Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Lampu hemat tenaga ini dapat menanggulangi perkara krisis tenaga.

Bersamaan dengan perkembangan penduduk, hingga kebutuhan tenaga juga terus menjadi meningkat sebaliknya pasokan tenaga berbasis tenaga fosil makin menipis. Dikutip dari Tempo. co, sekelompok mahasiswa tersebut menggunakan kuman bioluminescence, kuman unik dalam badan cumi- cumi yang sanggup menghasilkan sinar bercorak biru. Lampu terus menjadi cerah bila jumlah isi kuman ditambah. Lampu ini mempunyai keuntungan, ialah ramah area serta murah. Apalagi lampu ini bisa dipakai seumur hidup sebab kuman yang mati hendak menciptakan indukan baru.

EcoATM

EcoATM ialah suatu kios yang berperan secara otomatis buat membeli kembali ponsel sisa serta MP3 player dari pengguna. Bila kita kehilangan duit di tengah bulan, ATM ini dapat jadi penyelamat. Mesin hendak menganalisis keadaan benda serta mencari harga paling tinggi di pasaran. Bila sepakat, kita dapat mengambil uangnya. Setelah itu, ecoATM menjualnya kembali ke pemakai yang lain ataupun didaur ulang.

Sayangnya teknologi ini belum diterapkan di Indonesia. Bila peristiwa, dapat ditentukan hendak jadi teknologi yang digemari banyak orang. Dengan memakai mesin ini, kita dapat menghindari bocornya senyawa beresiko ke tanah sehingga tidak cuma dapat menolong menanggulangi finansial, namun pula ikut berpartisipasi melindungi alam.

Kulkas Tanpa Listrik

Kulkas tanpa listrik ini terbuat oleh Arya Nardhana serta Sanika Putra dari SD Angkatan laut(AL) Azhar 14 Semarang. Bahan yang mereka gunakan simpel ialah styrofoam, pasir, serta air dingin. Lemari kotak dari styrofoam itu diutak atik sehingga dapat jadi lemari es serta dapat membuat sayur- mayur bertahan sampai 7 hari.

Dikutip dari Detik. com, mereka setelah itu meningkatkan ilham tersebut serta membuat lemari es tanpa listrik. Dia menarangkan kalau metode buatnya lumayan gampang ialah mempersiapkan kotak yang dibuat dari styrofoam. Dalam kotak tersebut diletakkan kaleng biskuit buat tempat menaruh buah ataupun sayur, setelah itu di sekelilingnya diberi pasir serta air dingin.

Mobil Listrik

Inovasi yang lain yang ramah area ialah mobil listrik, sebab tidak memakai bahan bakar fosil serta tidak menciptakan emisi kendaraan bermotor. Perawatan mobil listrik juga pula lebih gampang serta murah dibanding mobil lain pada biasanya.

  1. Peti Mati yang Gampang TeruraiPeti mati ini dinamakan Ecoffin yang diciptakan oleh industri dari Colorado, Amerika Serikat, dengan memakai pelepah pisang, bambu, pandan, kayu pinus, serta bahan yang lain. Inovasi ini ramah area dibanding kremasi dengan kayu bakar biasa sebab proses kremasi memerlukan tenaga dengan keseriusan besar serta dapat menciptakan emisi ke suasana.
  2. Halaman di Atap Rumah

Bila Kamu sempat ke Selandia Baru ataupun ke Islandia tentu Kamu hendak menciptakan rumah dengan atap berbentuk tumbuhan. Halaman di atap ini tidak cuma menawan tetapi pula dapat meresap panas serta kurangi CO2.

Lantai Penghasil Listrik

Jepang jadi salah satu negeri dengan inovasi temaju yang semenjak tahun 2008 sudah meningkatkan stasiun ramah area. Zona stasiun ini memakai lempengan keramik yang mempunyai guna buat mengganti tekanan jadi tegangan listrik. Jadi, terus menjadi banyak orang lalu lalang, terus menjadi banyak tenaga yang dihasilkan.

Panel Surya

Panel yang terdiri dari sel surya ini sudah lama diketahui hendak kemampuannya mengganti sinar jadi listrik sebab sumber terkuatnya berasal dari sinar matahari. Panel surya pula kerap diucap dengan sel photovoltaic yang mempunyai makna‘ sinar listrik.’ Sel ini tergantung pada dampak photovoltaic buat meresap tenaga matahari sehingga membuat arus mengalir antara 2 susunan bermuatan yang bertentangan. Panel surya tidaklah suatu temuan baru, terlebih di negeri maju. Tetapi kemampuan penghematan tenaga yang besar membuat pemakaian panel surya ini terus menjadi meluas ke penjuru dunia tercantum Indonesia. Buat sekali pemasangan instalasi saja, kita telah dapat menemukan sumber energi tenaga dalam jangka panjang tanpa meninggalkan limbah ataupun polusi.

Kincir Angin

Angin dapat jadi sumber tenaga alternatif yang baik buat mengambil alih bahan bakar fosil. Baling- baling dari kincir hendak berbalik serta bergerak kala terdapat tenaga angin yang mendorongnya. Tidak hanya buat pengganti bahan bakar fosil, kincir angin pula berperan bagaikan pembangkit listrik serta menolong penyaluran air dalam imigrasi. Dalam perihal pemanfaatan tenaga yang ramah area, kincir angin sanggup melindungi kebersihan area, sebab tidak memunculkan polusi hawa sama sekali, berbeda dengan bahan bakar yang lain yang bisa menimbulkan timbulnya polusi hawa yang beresiko untuk susunan suasana bumi.

Biogas

Kotoran hewan diketahui dapat menciptakan tenaga biogas yang berguna buat penuhi kebutuhan manusia. Biogas ini ialah gas yang dihasilkan oleh kegiatan fermentasi dari bahan- bahan organik yang tidak cuma berbentuk kotoran hewan, namun pula kotoran manusia serta limbah dalam negeri. Karbon dioksida serta metana ialah isi utama biogas yang bisa digunakan bagaikan bahan bakar kendaraan ataupun buat menciptakan listrik. Biogas ini sanggup menciptakan bahan bakar sekalian dapat kurangi limbah buangan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*