Pengertian Sepak Bola

No comments

Pada intinya, sepak bola adalah olahraga yang paling sederhana. Sebelas pemain di setiap tim berlomba untuk menempatkan bola di gawang lawan mereka paling banyak dalam 90 menit. Letakkan bola di gawang lawan, skor satu poin, jauhkan mereka dari melakukan hal yang sama, dan keluar dari permainan dengan lebih banyak poin.

Lapangan

Untuk artikel ini, kita akan membayangkan permainan hipotetis antara Biru dan Merah. Lihatlah diagram lapangan sepak bola di bawah ini, di mana titik biru mewakili pemain Biru, titik merah mewakili pemain Merah, dan titik hitam mewakili bola. Dalam contoh ini, Biru mempertahankan gawang barat dan mencoba memasukkan bola ke gawang Red di timur; dan sebaliknya untuk Red.

Garis putih di sepanjang tepi utara dan selatan lapangan disebut Garis Sentuh. Jika bola menyentuh kaki pemain Biru, atau bagian lain dari tubuhnya, sebelum melintasi salah satu Garis Sentuh, pemain Merah akan bisa melempar bola kembali ke permainan dari titik di garis di mana bola melintas; dan sebaliknya untuk Red.

Garis putih di sepanjang garis timur dan barat adalah Garis Sasaran. Jika Biru menyerang gol Merah, dan pemain Biru menendang bola melewati Garis Sasaran, kiper Merah akan diberikan bola dan ia akan menendang atau melemparkannya ke rekan setim. Jika Biru menyerang gawang Merah dan pemain Merah menendang gawang itu, Biru akan diberi Tendangan Sudut.

Apa itu Tendangan Sudut?

Pemain yang menendang akan berdiri di sudut lapangan terdekat dengan gawang lawannya, sementara rekan satu timnya dan tim lawan berbaris dalam formasi. Dia akan menendang bola ke dalam permainan, dan dengan sedikit keberuntungan, salah satu rekan timnya akan mengetuknya ke dalam gawang untuk satu poin (atau dalam kasus yang sangat jarang, dia akan memberikan cukup banyak putaran pada bola sehingga akan melengkung ke gawang sendiri – tetapi jangan mengandalkan itu).

Aturan Off-Sides

Seluruh buku telah ditulis tentang aturan ini, tetapi panjang dan pendeknya adalah ini: Anda tidak bisa menjadi hal yang paling dekat dengan tujuan lawan – bola dan / atau pemain lawan harus berada di antara Anda dan bola. Pertimbangkan skenario berikut.

Biru menyerang gol Merah. Dalam skenario di atas, B dalam kondisi yang baik karena ada dua pemain merah di antara dia dan gawang. Tetapi jika B berada di antara para pemain Merah dan gol, dan bola masih di belakangnya, ia akan berada di luar tim. Wasit akan mengibarkan bendera kotak-kotak merah dan kuning, dan Red akan menguasai bola.

CATATAN: Ini hanya penjelasan paling dasar dari aturan off-side.

Hukuman Dan Kartu

Ada garis tipis antara permainan antusias dan menggerakkan lawan Anda, dan melewati garis itu bisa memberi Anda penalti. Jika penalti sangat mengerikan, orang yang melakukan pelanggaran akan diberikan kartu kuning (peringatan), dan lawan-lawannya akan diberi bola. Jika itu benar-benar mengerikan, dia akan diberikan kartu merah dan dikeluarkan dari permainan – atau, “diusir,” dalam bahasa sepak bola. Dan enggak ini bukan: Jika salah satu dari 11 pemain Anda dikeluarkan, Anda akan bermain dengan 10 untuk sisa permainan.

Jika penalti terjadi di area penalti Anda sendiri (lebih besar dari dua kotak di depan gawang), Anda akan mendapatkan tendangan penalti – yaitu, pemain mendapat tembakan lurus ke gawang, dari beberapa kaki keluar, tanpa pemain di antara dia dan kiper.

Lama Permainan

Setelah 90 menit bermain, permainan berakhir – kecuali jika tidak. Dalam sepak bola, jam tidak berhenti – melainkan, wasit menjaga waktu sendiri. Jadi, jika, misalnya, permainan berhenti selama tiga menit sementara tim medis mendatangi pemain yang cedera, wasit akan menambahkan tiga menit permainan ke jam, dan permainan akan berakhir ketika jam mencapai 93:00 bukannya 90:00 .

Menang Dan Seri

Seperti hoki, pertandingan sepak bola bisa berakhir imbang (atau seri). Faktanya, satu-satunya waktu permainan akan berlanjut jika skor diikat setelah bermain reguler, atau waktu tambahan, adalah dalam fase eliminasi tunggal turnamen, seperti Piala Dunia.

Dalam kasus tersebut, permainan akan diputuskan oleh baku tembak. Setiap tim akan melakukan lima tendangan penalti; tim mana pun yang mencetak skor kemenangan terbanyak. Jika serangkaian lima tendangan penalti tidak menghasilkan pemenang, proses diulangi sampai berhasil.

Dan sekarang Anda tahu dasar-dasar paling mendasar dalam hal sepak bola. Perlu diingat bahwa saya telah menyederhanakan beberapa konsep yang rumit dan meninggalkan nilai perpustakaan tentang kehalusan, nuansa, dan hal-hal kecil.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*